• Jelajahi

    Copyright © Eltvsatu
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ada Warganya Bertempat Tinggal di MCK, Inilah Tanggapan Kades Jatimerta

    ELTV SATU
    , Jumat, Juli 14, 2023 WIB Last Updated 2023-07-14T12:29:07Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     


    ELTV SATU CIREBON - Berawal danya informasi yang dikirim oleh salah-satu Narasumber berupa Video melalui pesan Whatsapp, mengenai adanya salah-satu warga asal Desa Jatimerta Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon yang sudah tinggal bertahun-tahun mendiami tempat di MCK (Mandi Cuci Kakus). Untuk keseimbangan informasi media ini dengan tim beberapa hari kemudian langsung mengunjungi ke desa Jatimerta menemui salah-satu warga  yang menurut isi dalam Video keadaan nya sangat memprihatinkan.

     

    Terlihat, Kondisi Rumah Casmo sangat memprihatinkan, situasi rumah sangat kotor dan berantakan. Bahkan, Tidur makan juga masak di tempat MCK. Dan terlihat juga ada salah-satu anaknya yang mengalami gangguan jiwa dirantai dan di tempat kan di Kandang Kambing. Diketahui anaknya sudah mengalami gangguan jiwa bertahun-tahun pernah diobati kemana mana namun belum kunjung sembuh sampai saat ini.

     

    Casmo yang memiliki istri bernama Macem Warga Desa Jatimerta RT 05 RW 02 Blok Konda yang saat ini tinggal di tempat MCK, menyampaikan, Dirinya telah mendiami kurang lebih hampir 10 tahun, dan bentuk perhatian dari pemerintah berupa PKH dan BLT sering menerimanya, Akan tatapi menurut Casmo adanya keadaan seperti ini belum mendapat bantuan dari Dinas Sosial. Ia juga menceritakan sebelum tinggal di tempat MCK pernah tinggal di tempat kandang kambing. Casmo mengeluhkan bahwa tinggal ditempat MCK sangatlah tidak nyaman, kotor dan tidak sehat, mengenai hal itu sudah disampaikan kepihak desa namun belum ada peninjauan.

     

    Casmo mendiami tempat MCK bersama keluarganya sebanyak 10 orang yang mana setiap malam tidurpun berdesakan, akan tetapi Casmo enggan mengeluhkan ke pihak pemerintahan desa karena merasa malu kalaupun ada bantuan berkeinginan diam dan bertempat ditempat yang lebih nyaman.

     

    Menyinggung salah-satu anaknya yang mengalami Gangguan Jiwa. Casmo menjelaskan, bahwa anaknya yang bernama Sujatmo sudah mengalami penyakit gangguan kejiwaan sudah lama. Sebelum mengalami gangguan  jiwa, anaknya pernah berguru kepada seseorang untuk melakukan wiridan yang dilakukan  setiap malam disetiap sudut rumah. namun entah kenapa semakin kesini anaknya semakin mengalami gangguan kejiwaan sampai sekarang.

     

    Gunawan Selaku ketua RT 02 yang kebenaran ada dilokasi ketika media ini melakukan peliputan. ia memberikan tanggapan, pihaknya telah melakukan meminta bantuan kepihak Desa untuk tempat tinggal yang lebih layak buat keluarga Casmo. namun, yang jadi kendala pihaknya belum memiliki lahan tanah. andaikan sudah ada lahan tanah pihak Desa pasti akan turut membantu untuk membangun rumahnya.

     

    Mukidin selaku Kadus RT 05 RW 02 menjelaskan,  pada waktu itu ada masyarakat yang akan memberikan bantuan senilai Rp 15 juta dan diberikan pinjam lahan tanah untuk dibangun rumah. asalkan, tidak lagi mendiami tempat MCK dekat penampungan sampah. Namun pada waktu itu bantuan uang yang akan diberikan ditolak sama Casmo, dengan alasan, karena akan mendapatkan uang besar dari keluarganya yang di Indramayu dari warisan orang tuanya, Dan sebelum itu juga ada bantuan dari TRANS7 berupa bedah rumah.

     

    Di tempat terpisah, Kepala Desa Jatimerta Sunaryo saat ditemui di balai desa ia menjelaskan, pihak Desa telah memberikan bantuan berupa PKH, BLT, dan lainnya, Dan pihak kepala desa sudah berusaha melangkah sesuai kemapuan. (RC)


    Link Youtube : https://youtu.be/RQxRHnE92wE

     

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar