• Jelajahi

    Copyright © Eltvsatu
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ketua ICW Cirebon Raya Soroti Kegiatan Tour di Sekolah

    ELTV SATU
    , Rabu, Mei 15, 2024 WIB Last Updated 2024-05-16T04:02:34Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    ELTV SATU ||| CIREBON - Kecelakaan maut yang menimpa murid SMK di Depok Jawa Barat ketika melaksanakan kegiatan tour adalah sebuah takdir Tuhan. Dan mari kita sama sama berdoa buat mereka yang sudah lebih dulu meninggalkan kita.

     

    Berbicara Study tour Memang belum ada regulasi yang mengatur tentang " tidak di perbolehkan nya Study tour", namun dengan hasil musyawarah dan kesepakatan antara pihak Komite dengan Wali murid saja, kegiatan tour sudah bisa dilaksanakan. Dan hasil kesepakan dari musawarah itu bisa memupuskan dugaan adanya pungli.


     

     

    Tapi yang menjadi pertanyaan, di khawatirkan, apakah proses musyawarah itu ditempuh dengan konsisten tidak memberatkan salah satu pihak, dalam hal ini adalah wali murid. Dan seharusnya Komite Sekolah bisa lebih condong berpihak kepada wali murid, jangan sampai menggiring wali murid untuk mengiyakan, tunduk dan patuh, apa yang menjadi keinginan pihak sekolah.

     

    Apalagi jikalau dalam kegiatan Study Tour, panitia dan guru pendamping biaya untuk pemberangkatan, dan upah untuk panitia dibebankan ke Wali Murid. Sungguh sangat ironis, yang Nota bene nya guru sudah mendapatkan gajih, dan tunjangan lainnya. Yang dikhawatirkan diduga hanya memanfaatkan situasi dan kondisi yang ada, dalam hal ini dugaan jangan sampai adanya gratifikasi.

     

    Yang menjadi pertanyaan selanjutnya, apakah Ketika dalam musyawarah disampaiakan kepada wali murid, bahwa panitia dan guru pendamping biaya untuk pemberangkatan  dan upah untuk panitia dibebankan ke Wali Murid. Dikhawatirkan hal tersebut tidak disampaikan dalam pembahasan musyawarah, kalau toh disampaiakan diyakini secara naluri manusiawi orang tua murid akan merasa keberatan, apalagi dalam hal ini Perekonomian keluarga setiap wali murid berbeda beda.

     

    Diduga wali murid hanya bisa diam, karena tunduk dan patuh pada hasil musyawarah tersebut. kalaupun ingin menyatakan keberatan tidak berani atau enggan, karena mengkhawatirkan bila menyampaiakan keberatan di kwahatir akan terjadi suatu hal yang tidak baik menimpa anaknya yang sekolah di sekolahan tersebut, dalam hal ini nilai akan menjadi jelek, beban moral takut dikucilkan, atau beba moral lainnya.

     

    Opini :

    Oleh Andre Maman Roenza

    Selaku Ketua ICW (Independent Corruption Watch) Cirebon Raya

    selaku Ketua LBH ELIT Cirebon Raya

     

    (Penulis : Rockheli)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar